time 2 years yang lalu di topik #Kabar Ponsel,News

10 Fitur Baru dari Android Lollipop 5.0

KabarPonsel.com – Android 5.0 Lollipop adalah salah satu update terbesar yang dirilis oleh Google dengan Android software. Versi kelima Android telah tiba dengan Nexus 6 dan Nexus 9, dan sekarang bergulir ke perangkat Android lainnya. Terkadang kita bertanya, apa fitur baru Android Lollipop 5.0? apa kelebihan Android Lollipop 5.0? adakah fitur tersembunyi Android Lollipop 5.0? Android Lollipop hadir dengan sejumlah fitur baru dengan fungsi yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Sementara beberapa fitur ini cukup sederhana dan mudah terlihat, tetapi ada orang lain yang hanya mengalami pengguna Android bisa tahu bahwa mereka ada. Berikut adalah beberapa tips Android Lollipop, trik dan fitur tersembunyi yang perlu Anda ketahui tentang, sehingga Anda siap ketika Lollipop tanah pada perangkat Anda. Inilah 10 Fitur baru dari Android Lollipop.

 

10 Fitur Baru Android Lollipop

1. Flappy Bird Clone Easter Egg

Google selalu menyematkan telur Paskah dengan rilis baru dari Android dan tidak terkecuali Android Lollipop. Di Android Lollipop, Telur Paskahnya adalah tiruan Flappy Bird. Namun, burung flappy  telah digantikan dengan robot Android hijau. Untuk memainkan game, pergi ke Settings -> About Phone dan berulang kali tekan ‘versi Android’ sampai berubah ke layar Lollipop. Tekan lama pada lollipop dan permainan akan dimulai. Cukup sentuh layar untuk mulai bermain. Selamat Menikmati!

fitur Android lollipop 5.0

2. Smart Lock

Android Lollipop memiliki fitur penguncian baru yang disebut ‘Smart Lock’ yang akan membuat mengamankan perangkat Anda lebih mudah dari sebelumnya. Ini memungkinkan Anda mem”bypass” fitur screen lock ketika Anda berada dalam “lingkungan terpercaya.” Ini berarti bahwa jika Anda terhubung ke perangkat Bluetooth yang dikenal atau perangkat NFC yang diaktifkan seperti smartwatch, stereo mobil, atau bahkan stiker NFC, Anda tidak perlu repot-repot memasukkan pola kunci Anda, PIN, atau sandi.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings -> Security -> Smart Lock dan mengatur mana perangkat Bluetooth yang dipercaya.

fitur baru android lollipop smart lock

3. Screen Pinning

Untuk mengatur keamanan ke tingkat lain, Google telah menambahkan fitur baru yang disebut “Screen Pin” yang memungkinkan Anda untuk pin layar khusus untuk perangkat Android Anda.

Dengan mengaktifkan fungsi ini, tidak ada pengaturan atau aplikasi lain dapat dibuka kecuali screen. Fitur ini bisa berguna ketika Anda berada dalam situasi untuk menyerahkan ponsel Anda ke teman Anda atau orang tak dikenal, misal pas pengumpulan hape ketika ujian nasional? hehe

Untuk mengaktifkan Screen Pin, akses Settings -> Security dan beralih ‘Screen Pin’ ON. Selanjutnya buka layar yang ingin di pin, tekan tombol ‘Ikhtisar’ (sebelumnya multitasking), gulir ke atas dan tekan ikon pin di bagian bawah kanan aplikasi yang terbuka.

Untuk unpin aplikasi, cukup panjang tekan ‘Kembali/Back’ dan ‘Overview/Ikhtisar’ tombol secara bersamaan.

fitur baru android lollipop screen pinning

4. Pemberitahuan Prioritas

Ketika ada peringatan dan pemberitahuan, Android 5.0 Lollipop memiliki mode prioritas baru, yang memungkinkan Anda mengontrol bagaimana Anda menerima notifikasi. Hal ini mirip dengan ‘Do Not Disturb’ mode di iOS 8 yang memungkinkan Anda men-silent telepon Anda pada waktu tertentu setiap hari sehingga Anda tidak akan terganggu.

Anda juga dapat memilih kontak yang diizinkan melalui blokade pemberitahuan. Untuk memanfaatkan mode prioritas, pergi ke Settings -> Sound & notification > Interruptions.

fitur baru android lollipop notifikasi prioritas

5. Battery Saver

Baterai saver merupakan salah satu fitur baru terbaik dari Android Lollipop. Ketika diaktifkan, maka akan mematikan getaran, memotong data latar belakang dan mengurangi kecerahan. Anda dapat dapat mengaktifkan secara manual atau set ke otomatis ketika baterai Anda sebesar 15% atau 5%. Anda akan tahu itu bekerja ketika status bar berwarna oranye-merah. Untuk mengatur baterai saver, pergi ke Settings -> Baterai -> tekan tombol ‘Menu’.

Fitur baru Android Lollipop Battery saver

6. Multiple User di Android Lollipop

Sekarang sangat memungkinkan untuk mengatur beberapa pengguna pada Android. Ada tiga jenis account yang Anda dapat atur pada Lollipop. Pertama account pengguna, yang memiliki akses penuh ke pengaturan dan aplikasi. Kedua, rekening tamu, yang tidak akan merekam atau menyimpan apapun yang orang akan lakukan dalam akun ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi Anda yang diotak atik. Terakhir, ada rekening profil, yang memungkinkan pemilik membatasi bagaimana perangkat digunakan – menonaktifkan aplikasi tertentu misalnya. Anda dapat dengan cepat menambahkan account baru dengan menekan ikon profil di sudut kanan kunci layar, atau dengan masuk ke menu pengaturan utama. Jika Anda ingin menambahkan pembatasan dan mengelola setiap account, masuk ke menu pengaturan utama dan pilih ‘Pengguna’.

Android Lollipop Multiple User

7. Lampu Senter
Ada juga sekarang fungsi senter built-in di Lollipop. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu men-download aplikasi pihak ketiga lagi untuk itu. Senter ditemukan di bar notifikasi. Hanya menggesek bawah bidang pemberitahuan dari bagian atas layar dengan dua jari kemudian tekan ‘Senter’. Harap dicatat bahwa aplikasi ini hanya akan bekerja jika perangkat Anda dilengkapi lampu kilat LED bersama kamera.

8. Search Settings

Android lollipop memasukkan fungsi pengaturan pencarian baru yang memungkinkan Anda secara khusus mencari menu pengaturan. Ketika Anda pergi ke app Settings, Anda akan melihat ikon kaca pembesar pencarian baru di bagian kanan atas. Tampaknya pada sebagian besar halaman dalam aplikasi Settings. Untuk menemukan apa yang Anda butuhkan, cukup tekan kaca pembesar di pojok kanan di menu pengaturan dan ketik apa yang Anda cari. Daftar hasil yang relevan maka akan muncul saat Anda mengetik.

9. Tap and Go / Tekan dan Buka

Android Lollipop juga membuat lebih mudah untuk bermigrasi konten dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan memasukkan Tap & Go. Dengan fitur ini, Anda sekarang akan dapat dengan cepat mentransfer semua data yang didukung pada akun Google Anda dari ponsel termasuk aplikasi lama dan data.
“Tap & Go” menggunakan NFC untuk memasangkan dua perangkat dan menggunakan Bluetooth untuk mengirimkan semua rincian dari apa ponsel lama Anda harus telah menginstal ke telepon baru.

Android Lollipop Tap n Go

10. Tap to Wake
Tap to Wake adalah fitur lain yang sangat berguna yang diaplkikasikan pada Android Lollipop. Alih-alih menggunakan tombol power, kini Anda hanya cukup mendobel tap (sentuh dua kali secara cepat) layar untuk bangun perangkat Anda.

Itulah 10 fitur baru dari Android Lollipop yang perlu Sobat ketahui. Mungkin masih belum samua device mendapatkan update Android Lollipop, namun pada saatnya nanti semua Android akan menggunakan Android Lollipop dan Sobat perlu tahu 10 fitur baru Android Lollipop ini. Semoga bermanfaat.