time 4 years yang lalu di topik #Kabar Ponsel

2 Aplikasi Android ini adalah Malware yang Berbahaya!

KabarPonsel.com – Kaspersky Labs baru saja menerbitkan sebuah hasil penelitian yang memperingatkan bahwa ada dua malware aplikasi yang telah ditemukan di Google Play. Software/malware ini tidak hanya mempengaruhi smartphone yang terinfeksi, tetapi juga dapat mengakses komputer dan mencuri percakapan kita bahkan informasi pribadi yang lain. Waspadalah!

Salah satu masalah utama yang dihadapi Android adalah malware. Virus Android atau bahkan Malware Android sedang menjadi perhatian serius bagi para developer Android bahkan para android user. Dalam sebuah laporan baru-baru ini, Kaspersky telah melaporkan bahwa dua aplikasi pembersihan telah ditemukan di Google Play sebenarnya malware. Aplikasi virus atau aplikasi malware tersebut adalah “DroidCleaner” dan “superclean“, dua dari software cleaner yang tersedia di PlayStore ini menjanjikan untuk membersihkan perangkat smartphone Anda dari semua file-file sambah dan bahkan meningkatkan bisa meningkatkan performa smartphone.

Malware Android

Sekarang, apakah yang akan aplikasi ini lakukan pada Smartphone Android Anda? Setelah Anda mendownload dan menginstallnya, aplikasi ini akan melepaskan Trojan multiplatform yang tidak hanya mempengaruhi smartphone Android Anda, tetapi juga PC yang terkoneksi dengan smartphone tersebut. Aplikasi ini menghubungkan ke server eksternal, download beberapa file dan menempatkan mereka pada kartu SD dan kemudian, ketika Anda menghubungkan perangkat ke komputer Anda melalui USB, aplikasi akan memiliki akses ke PC dan mikrofon dapat mendengar percakapan Anda, mengenkripsi file dan mengirimkannya ke server lain. wow, mengerikan bukan?

Malware Android

Sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan oleh keduanya, inilah “fitur” lain aplikasi tersebut :

  • Mengirim SMS
  • Mengaktifkan Wi-Fi
  • Mengumpulkan informasi tentang perangkat
  • Membuka link aneh di browser
  • Mengunggah konten ke kartu SD
  • Mengupload file seperti kontak, foto, video, dll ke server eksternal
  • Mengupload dan menghapus SMS

Dalam kebanyakan kasus yang dilaporkan, malware yang terkena adalah smartphone low-end, tetapi sebenarnya semua tipe ponsel Android juga bisa terinfeksi. Jadi, berhati-hatilah dalam mendownload aplikasi Android. Bahkan di PlayStore sekalipun.

Tips singkat menghindari aplikasi berbahaya di PlayStore :

  1. Pastikan Anda mendownload aplikasi yang sudah terkenal maupun sudah tidak diragukan lagi masalah keamannya. Contohnya beberapa aplikasi official yang ada pada ponsel Anda sejak pertama pembelian.
  2. Jika terpaksa ingin mendownload aplikasi asing, pastikan terlebih dahulu membaca review android user yang lain.
  3. Jangan lanjutkan download jika reviewnya jelek.
  4. Pikirkan 7x sebelum mendownload jika aplikasi tersebut tidak ada review.
  5. Hindari mendownload aplikasi yang deskripsinya tidak menggunakan bahasa Inggris. Kenapa? setidaknya menghindari Anda seperti membeli kucing dalam karung, kecuali Anda mengerti bahasa tersebut.

Demikian sedikit tips dari KabarPonsel.com untuk menghindari terinfeksinya smartphone kesayangan Anda. Jika informasi ini berguna, silahkan sebarkan ke Android user yang lain. ( via securelist.com )