time 4 years yang lalu di topik #Aplikasi Blackberry,Kabar Ponsel

BBM Hadir di Desktop PC? Minat Download?

KabarPonsel.com – Blackberry seakan ingin menegaskan bahwa aplikasi chatting andalan mereka, Blackberry Messenger benar-benar multi platform. Setelah sebelumnya merilis BBM for Android dan BBM for iPhone, kali ini Blackberry berencana untuk mengembangkan sayap di bisnis PC/Komputer dengan merilis aplikasi BBM for Desktop. Kabar menarik ini diungkap oleh Blackberry pada saat pelaksanaan acara Blackberry Jam Asia 2013 yang bertempat AsiaWorld Expo Center Hongkong pada akhir bulan September 2013.

Vice President Developer Relations and Ecosystem Alec Saunders mengatakan, BlackBerry tengah mengerjakan proyek pengimplementasian BBM di komputer desktop. Aplikasi BBM untuk PC ini bahkan sempat didemokan di depan developer dan media yang hadir di pesta tahunan BlackBerry tersebut. Terlihat sistem operasi PC yang digunakan untuk demo adalah Windows 7. Belum disebutkan apakah aplikasi BBM untuk desktop ini hanya akan berjalan di Windows 7 maupun di seri windows yang lain.

Untuk mengetahui minat pengguna BBM terhadap rencana tersebut, BlackBerry pun melakukan survei kepada para pengguna. Hal ini untuk mengantisipasi BlackBerry terjadinya produk gagal, atau produk yang tidak diminati pengguna. Dengan survei tersebut. Blackberrt sepertinya serius untuk menghadirkan BBM di desktop.

blackberry untuk desktop komputer

Menurut laporan Ubergizmo, survei tersebut dikirim BlackBerry melalui software BlackBerry Link 1.2. Survei ini dibuat hanya untuk mencari tahu pendapat pengguna terkait fitur apa yang harus ada pada update BBM kelak. Salah satunya menginginkan hadirnya fitur chatting kesayangan mereka, BBM di perangkat desktop komputer.

Perbedaan dengan Blackberry for Android / iOS

Meski hadir untuk menegaskan bahwa BBM adalah aplikasi yang multiplatform, namun ternyata cara kerja aplikasi BBM di desktop PC ini ternyata sangat berbeda dengan aplikasi BBM for Android maupun BBM for iOS. BBM untuk desktop tersebut bukan seperti BBM untuk Android dan iPhone yang harus diinstal secara mandiri. BBM untuk Desktop harus terhubung dengan ponsel BlackBerry melalui Windows Bridge Apps. Jadi ada 2 komponen utama agar BBM untuk desktop komputer ini bisa dijalankan, yang pertama tentunya desktop computer/pc/laptop yang support dengan OS yang diperlukan, dan yang kedua adala perangkat Blackberry (lengkap dengan USB penghubung)
. KabarPonsel masih belum jelas untuk koneksi yang diperlukan, apakah cukup menggunakan koneksi perangkat Blackberry yang terhubung ataukah memerlukan koneksi internet lain (modem).

Saunders mengatakan, BBM untuk desktop tak hanya bisa dipakai untuk mengirim pesan teks saja. Namun Foto, file, dan dokumen lain yang terdapat di PC dapat dikirimkan melalui aplikasi BBM ini.

Kapan Blackberry untuk desktop komputer ini akan diluncurkan? Belum ada informasi resmi terkait hal tersebut. Kemungkinan Blackberry sedang memikirkan strategi apa yang nantinya akan digunakan untuk mempopulerkan aplikasi ini. Jika Anda termasuk yang berminat, kita tunggu saja.

(src : tekno.kompas.com, ubergizmo, tekno.liputan6.com)