time 5 years yang lalu di topik #Kabar Ponsel

Mengenal Sistem Operasi Android dan Perkembangannya

Sistem Operasi Android merupakan sistem operasi mobile berbasis kernel Linux yang dikembangkan oleh Android Inc dan kemudian diakuisisi oleh Google. Sistem operasi ini bersifat open source sehingga para programmer dapat membuat oplikasi secara mudah. Kemunculan Sistem Operasi Android ditandai dengan hadirnya Android seri pertama, yaitu Android 1.5 atau seri Cupcake. Setelah itu dengan berbagai pengembangan, muncullah Sistem Operasi Android seri terbaru dengan berbagai pengembangan yang lebih baik lagi. Yuk kita bahas mengenai Sistem Operasi Android dan Perkembangannya.

Sistem Operasi Android

Mengenal Sistem Operasi Android dan Perkembangannya

SISTEM OPERASI ANDROID CUPCAKE – ANDROID 1.5

Sistem Operasi Android versi ini, tampilan Android dipercantik dengan beragam efek animasi. Fasilitas multimedia dikembangkan lagi dengan menambahkan fungsi video, fungsi Bluetooth A2DP dan AVRCP , fasilitas upload foto- video ke YouTube don Picasa, dan tambahan sejumlah widget baru. Mulai dari versi ini, pengguna bisa merekam dan menyaksikan video lewat layar Android.

SISTEM OPERASI ANDROID DONUTS – ANDROID 1.6

Sistem Operasi Android Versi ini banyak memberikan fungsi baru dalam hal konektivitas, seperti dukungan CDMA/ EVDO, Wi-Fl standar 802.1x, dan VPN. Pengembangan lain ada pada Android Market, voice search (text speech engine), dukungan resolusi layar VVVGA, framework untuk gestur, navigasi Google. Di seri 1.6 inilah, integrasi kamera, perekam video, dan galeri dibentuk,

SISTEM OPERASI ANDROID ECLAIR – ANDROID 2.1

Sistem Operasi Android Eclair menerima banyak pembaruan, baik pada optimasi hardware atau pun di sisi software.Fitur baru yang ditawarkan antara lain dukungan Microsoft Exchange, HTML5, fungsi digital zoom, dan keyboard virtual baru. Tampilan interface lebih segar Live Wallpaper. Dukungan resolusi dan layar yang lebih besar juga disediakan, selain dukungan flash built-in, Google Maps yang lebih baik, Bluetooth 2.1, clan browser baru.

SISTEM OPERASI ANDROID FROYO – ANDROID 2.2

Sistem Operasi Android Froyo menjanjikan kinerja hardware yang lebih cepat, fungsi instalasi aplikasi ke memori eksternal, dukungan Adobe Flash 10.1, fitur Wi-Fl untuk membuat ponsel menjadi hotspot (tethering), perubahan user interface, dan juga voice dialing serta bagi-pakai kontak via Bluetooth. Dukungan lain yang ada adalah dukungan resolusi layar lebih tinggi, dukungan password alfanumerik, dan pengembangan Android Marketplace.

SISTEM OPERASI ANDROID GINGERBREAD – ANDROID 2.3

Inilah seri Android (stabil) terakhir. Banyak hal baru ditawarkan, di mana yang paling mencolok adalah interface anyarnya. Sistem Operasi Android Gingerbread mulai memberi dukungan fungsi telepon VolP, Near Field Communication, fungsi copy-paste yang lebih baik, keyboard multi-touch gaya baru, serta dukungan sensor baru (gyroscope and barometer) dan format video-audio baru (WebMNP8 dan AAC). Fasilitas download manager dan dukungan lebih dari satu kamera juga tersedia.

SISTEM OPERASI ANDROID HONEYCOMB – ANDROID 3.0

Sistem Operasi Android  Honeycomb atau versi 3.0. Kabarnya versi ini diberi banyak kelengkapan dan fitur untuk mendukung kinerja Android ketika dijalankan di perangkat tablet. Salah satu fungsi yang ditawarkan – di mana fitur ini belum ada di seri-seri sebelumnya – adalah fungsi video chat. Kabarnya, Honeycomb sudah mendukung accelerator hardware guna mendukung grafis 3D. Aplikasi menarik lain yang ada di Sistem Operasi Android Honeycomb yakni Google Body. Aplikasi ini seperti Google Maps, namun untuk tubuh manusia. Nantinya, pengguna bisa melakukan diagnosa cepat mengenai kondisi tubuh jika ada rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Pengguna bisa mencari referensi medis dan memberikan gambaran mengenai keluhan sakitnya saat berkonsultasi ke dokter.