time 3 years yang lalu di topik #Kabar Ponsel,News

Microsoft Hentikan Produksi Nokia X

KabarPonsel.com – Kabar mengejutkan datang dari salah satu produsen ponsel terbesar asal Finlandia, Nokia. Seperti dikutip dari Techcrunch, Jumat (18/7/2014), CEO Microsoft, Satya Nadella, dalam memo berisi 3.100 kata, menuliskan: “Kami berencana mengalihkan desain produk Nokia X menjadi Lumia yang menjalankan Windows.”

Seperti kita ketahui, Nokia X adalah salah satu smartphone Nokia berbasis Android yang belum lam di lempar ke pasaran, baru sekitar 5 bulan. Ternyata Nokia X tak berumur panjang ketika Microsoft menghentikan penjualan dan produksinya untuk kemudian menggantinya dengan Nokia Lumia yang berbasiskan Windows. Menurut info yang beredar, kedepannya Nokia X akan menjadi keluarga Lumia yang berharga ekonomis, namun tidak berbasis Android, kembali lagi ke windows.

Nokia X

Sampai saat ini, Nokia baru mengeluarkan  2 tipe smartphone berbasiskan Android, yaitu Nokia X dan Nolia XL. Entah bagaimana nasib Nokia XL, apakah nantinya akan bernasib sama dengan Nokia X atau akan terus dikembangkan menjadi satu-satunya andalan Nokia di kalangan smartphone Android.

Nokia X pertama kali dirilis resmi pada Februari lalu dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar di Barcelona, Spanyol. Dengan spesifikasi OS Jelly Bean 4.2, Kamera 3,15MP, Dual Core, FM Radio dan layar berdimensi 4 inchi dengan resolusi 480 x 800 pixels. Baca ulasan tentang Nokia X [disini].

Nokia X mengusung sistem operasi Android, yang dibalut dengan tampilan mirip Windows Phone. Meski pakai Android, Nokia X ini tak dibekali dengan layanan-layanan ala Android dari Google, semisal Google Play Store. Sebagai gantinya, Nokia menyediakan Nokia App Store miliknya. Inilah yang mungkin akan menjadi ganjalan tersendiri bagi para pengguna Android, sepertinya Nokia/Microsoft masih belum terlalu total dalam mengembangkan Smartphone berbasis Android, jika dibandingkan dengan brand lain semacam Samsung maupun Asus.

Bagi Anda para pengguna Nokia X, jangan berkecil hati. Anggap saja itu adalah kenang-kenangan dari Nokia yang sempat mengeluarkan tipe produk yang hanya bertahan 5 bulan. Buat Anda yang masih ingin membeli Nokia X, jangan khawatir karena Nokia hanya menghentikan produksinya namun tidak menghentikan penjualan Nokia X, jadi smartphone ini masih akan dijual sampai stopnya kosong. So, bisa jadi harganya akan merosot jauh jika dibandingkan dengan harga awal ketika rilis 5 bulan yang lalu. Berminat? (kredit gambar:GSMArena.com)