time 10 months yang lalu di topik #Tips

Pertolongan Pertama pada Ponsel yang Terkena Air

KabarPonsel.com – Banyak Smartphone saat ini memiliki kemampuan tahan air yang ditandai dengan dukungan sertifikat IP67. Sebagai contoh, Sony Xperia Acro S, Motorola Defy Mini, Samsung Xcover dan sebagainya. Dengan demikian, tidak akan ada masalah jika terkena air atau lebih ekstrim lagi, smartphone tersebut tercebur ke air.

Pertanyaannya adalah, bagaimana jika Smartphone yang biasa mengalami “apes” dengan terkena air atau bahkan tercebur? Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan sebagai pertolongan pertama untuk Smartphone terkena air, sehingga Smartphone Anda masih aman dari ancaman kerusakan.

1. Keringkan ponsel

Keringkan ponsel Anda dengan menggunakan handuk atau kain bertekstur lembut lainnya. Sehingga air di dalam ponsel Anda keluar, kocok ponsel Anda dengan lembut. Hindari mengeringkan ponsel menggunakan pengering rambut karena sirkuit dalam ponsel Anda sangat rentan terhadap panas. Catatan : langsung matikan ponsel jika terkena air untuk menghindari terjadinya arus pendek, pastikan ponsel Anda sudah benar-benar kering sebelum mencoba menghidupkannya.

ponsel tercebur air

2. Gunakan Alkohol

Gunakan alkohol untuk menghilangkan air dari ponsel. Selain lebih cepat menguap, alkohol juga dapat memaksa air keluar.

3. Taburi dengan beras

Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tapi beras memiliki sifat untuk menyerap kelembaban, karena itu menaburi ponsel yang terkena air dengan beras semalam juga dapat membantu mengurangi tingkat kelembaban dari ponsel Anda. Kalau bisa, celupkan saja ponsel tersebut kedalam beras.

4. Gunakan Dry Box

Dry Box  adalah media penyimpanan yang dilengkapi dengan serangkaian alat untuk memastikan kelembaban yang tersimpan dalamnya tetap terjaga. Dengan menempatkan perangkat dalam Dry Box, Anda dapat mengatur tingkat kelembaban di Dry Box serendah mungkin. Hal ini dilakukan dengan sangat baik sehingga tingkat kelembaban pada ponsel Anda dapat dikurangi perlahan tapi tetap aman.

5. Bawa ke teknisi

Jika semua usaha yang telah Anda lakukan, tetapi ponsel Anda tidak dapat dihidupkan saatnya untuk membawa Smartphone Anda ke teknisi yang berpengalaman. Jangan malu untuk mengakui bahwa ponsel Anda rusak karena tercebur ke air. Hal ini perlu Anda lakukan karena ponsel Anda sendiri pada dasarnya umumnya telah dilengkapi dengan indikator-indikator tertentu menunjukkan bahwa ponsel telah terkena air.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama jika ponsel Anda terkena air. Jika tetap masih belum berfungsi, segera laksanakan langkah yang ke-lima. Selamat mencoba!

*gambar : gadgetenthusiast