time 5 years yang lalu di topik #News

Tantangan OS Android di Masa yang Akan Datang

Pengembangan sistem operasi miliki Google, Android kini dipimpin oleh pria keturunan India yang bernama Sundar Pinchai. Pengembangan OS Android sebelumnya dipimpin oleh penciptanya sendiri, Andy Rubin. Dengan penyerahan kepemimpinannya, Sundar Pinchai menampuk beban yang sangat boleh dibilang tidak mudah, yakni mempertahankan kejayaan Android. Maka itu telah menjadi tantangan OS Android dalam mempertahankan kejayaan Android untuk ke depannya.

Tantangan OS Android dari Lokal OS

Betapa tidak, disamping OS Android telah ada beberapa OS pesaingnya, yakni Tizen yang sepertinya sudah siap bersaing di dunia sistem operasi smartphone. Disamping itu pula, tantangan OS android juga datang dari kalangan vendornya dan beberapa masalah internal OS Android sendiri serta dari aplikasi-aplikasi yang sengaja dibuat untuk menyerang OS Android.

tantangan OS Android

Tantangan OS Android ini memang tidak mudah dilakukan secara cepat dan serempak. Tetapi harus dilakukan dengan pikiran dan tangan terbuka seta jiwa solidaritas dan royalitas yang tinggi oleh tim pengembangan OS Android yang kini dibebankan pada Sundar Pinchai. Masalah dalam pengembangan secara internal jauh lebih sulit dijalankan dan dilakukan karena memerlukan proses kinerja yang total dan keseluruhan dari tim pengembang.

Beberapa tantangan OS Android yang secara internal, meliputi bagaimana cara membuat Android kian menguntungkan bagi semua pihak, bagaimana lebih menggeber/mendongkrak update terhadap Android lebih cepat lagi, bagaimana menjadikan android ini prioritas bagi para developernya, bagaimana meningkatkan presentase kemajuan sistem robot hijau ini yang terlihat makin lambat dan menurun, serta memastikan kejayaan tablet Android di pasaran .

Sementara itu tantangan OS Android dari luar atau secara eksternal, datang dari pihak pihak vendor-vendor yang mengusung sistem Android pada tiap produk smarphone dan tabletnya. Salah satunya vendor Samsung yang telah menguasai 40% produk Android yang beredar dalam produk-produknya dan tersukses dari veendor lainnya yang mengusung OS Android ini. Samsung telah membuat OS Android makin berjaya. Namun di sisi lain, Samsung sekarang lebih diidentikkan OS Android itu sendiri.

Dan ini cukup membuat brand Android kelabakan dan cemas karena memungkinan pihak Samsung akan meminta jatah pendapatan mobile Google. Dan jika tak dikabulkan maka Samsung akan mengganti OS Tizen menjadi OS di produk-produknya yang akan datang. Maka dari itu sudah menjadi sebuah tantangan OS Android dalam menangani isu-isu dan masalah tersebut demi mempertahankan dan kemajuan OS Android di masa yang akan datang.